Senin, 09 November 2015

Panduan Servis Kawasaki KLX 150, Nih Treatment di Bengkel Resmi

Servis berkala dilakukan tiap 3.000 km atau 2 bulan tergantung mana yang lebih dulu tercapai, totalnya ada 20 item pengecekan wajib. 
MotoraveCibubur - Harus diakui, tidak semua pemilik Kawasaki KLX 150 melakukan perawatan berkala di bengkel resmi. Bengkel rujukan komunitas lebih sering jadi tambatan para pecinta adventure, tentu treatment-nya disesuaikan dengan trek blusukan yang dilalui. Meski begitu, yang setia pada bengkel resmi juga tetap ada, “Jumlahnya lumayan, biasanya mereka yang menggunakan untuk harian dan adventure-nya sesekali saja,” buka Johan kepala mekanik di Kawasaki Motorave Cibubur. Penasaran seperti apa perawatannya? Simak terus! Servis berkala dilakukan tiap 3.000 km atau 2 bulan tergantung mana yang lebih dulu tercapai, totalnya ada 20 item pengecekan wajib.

Beberapa yang vital coba dijelaskan oleh Johan, seperti membersihkan karburator Keihin NCV24 nya serta filter udara. “Filter udara ini jangan sampai lupa untuk dicek, karena busa filter bisa getas dan masuk ke dalam karburator lalu menyumbat. Setelah filter udara dibersihkan, beri sedikit oli supaya tidak mudah kering dan getas,” lanjut pria ramah ini sambil mengingatkan untuk ganti baru juga sudah rusak, murah cuma Rp 52 ribuan. Jangan lupa cek kondisi dan kerenggangan busi NGK CR7HSA ini yang ideal nya 0,6-0,7 mm dan diganti setiap kelipatan 12.000 km atau 12 bulan. Untuk oli wajib diganti tiap 3.000 km, ada dua pilihan oli, KGO STD dan KGO Ultimate. Filter olinya ganti tiap 3 kali ganti oli mesin.

“Kapasitas oli yang dibutuhkan tanpa penggantian filter oli adalah 1,2 liter, namun jika dilakukan dengan penggantian filter oli maka butuh 1,3 liter. Karena oli yang tersedia hanya 1 liter per botol maka konsumen harus membeli 2 botol. Sisanya bawa pulang, lumayan buat servis berikutnya,” tutur pria yang berkantor di Jl. Alternatif Cibubur ini.


Ada dua pilihan oli, silahkan pilih sesuai kantong.
Kalau stok kosong, filter oli bisa comot kepunyaan Ninja RR Mono. Sama persis!
Filter udara jangan sampai getas, kalau rontok bisa masuk ke karburator. Agar awet, setelah dibersihkan beri sedikit oli.

TREATMENT PASCAADVENTURE
Salah satu treatment khusus untuk trail ini adalah servis Uni-Trak atau link pada suspensi monoshok, terlebih setelah main tanah. Gejala awal bila tidak rajin merawat Uni-Trak adalah timbul bunyi menggangu saat lengan ayun bergerak.

“Dampak paling buruk, boshing serta sleeve yang ada di Uni-Trak bisa kaku, berkarat bahkan sampai pecah. Kalau itu terjadi biaya part yang harus ditebus kurang lebih Rp 700 ribuan di luar ongkos kerja,” tegas Bang Jo sapaan akrabnya.

Selain itu, harus diperhatikan setelah adventure adalah kampas kopling, umumnya cepat habis karena sering selip kopling. “Saat melakukan penggantian kampas kopling disarankan untuk mengganti juga kabel kopling,” tutupnya. (otomotifnet/surya)

List Pemeriksaan Servis Berkala 
Periksa tekanan udara 
Periksa sistem control throttle 
Periksa suspensi 
Periksa arah sorot lampu depan 
Periksa kekencangan mur, baut dan pengencang 
Periksa fungsi kerja kopling 
Periksa kerusakan bearing roda 
Periksa jari-jari roda dan ban 
Periksa keausan chain guide dan rantai roda 
Periksa fungsi kerja rem 
Periksa switch lampu rem 
Periksa batas ketinggian minyak rem 
Periksa keausan kanvas rem dan pad rem 
Periksa fungsi kerja sistem kelistrikan 
Lumasi sistem suspensi 
Ganti oli mesin dan oil filter 
Periksa kondisi busi 
Bersihkan sistem bahan bakar 
Periksa putaran stationer mesin 
Periksa gerakan kemudi 

Daftar Harga 
Service ringan Rp 80.000 
Service unitrack Rp 100.000 
Jasa ganti kampas kopling Rp 80.000 
Kampas rem depan Rp 78.000 
Kampas rem belakang Rp 129.000 
Kampas kopling 13088-0040 Rp 59.000 
Kampas kopling 13088-0041 Rp 59.000 
Kampas kopling 13088-1077 Rp 72.000 
Seal shock depan Rp 36.000 
Kabel kopling Rp 30.000 
Filter udara Rp 52.000 
Filter oli Rp 13.000 
Oli KGO STD Rp 45.000 
Oli KGO Ultimate Rp 80.000 
Kawasaki Motorave Cibubur : 021-82486777

0 komentar:

Posting Komentar

/ / Panduan Servis Kawasaki KLX 150, Nih Treatment di Bengkel Resmi

Servis berkala dilakukan tiap 3.000 km atau 2 bulan tergantung mana yang lebih dulu tercapai, totalnya ada 20 item pengecekan wajib. 
MotoraveCibubur - Harus diakui, tidak semua pemilik Kawasaki KLX 150 melakukan perawatan berkala di bengkel resmi. Bengkel rujukan komunitas lebih sering jadi tambatan para pecinta adventure, tentu treatment-nya disesuaikan dengan trek blusukan yang dilalui. Meski begitu, yang setia pada bengkel resmi juga tetap ada, “Jumlahnya lumayan, biasanya mereka yang menggunakan untuk harian dan adventure-nya sesekali saja,” buka Johan kepala mekanik di Kawasaki Motorave Cibubur. Penasaran seperti apa perawatannya? Simak terus! Servis berkala dilakukan tiap 3.000 km atau 2 bulan tergantung mana yang lebih dulu tercapai, totalnya ada 20 item pengecekan wajib.

Beberapa yang vital coba dijelaskan oleh Johan, seperti membersihkan karburator Keihin NCV24 nya serta filter udara. “Filter udara ini jangan sampai lupa untuk dicek, karena busa filter bisa getas dan masuk ke dalam karburator lalu menyumbat. Setelah filter udara dibersihkan, beri sedikit oli supaya tidak mudah kering dan getas,” lanjut pria ramah ini sambil mengingatkan untuk ganti baru juga sudah rusak, murah cuma Rp 52 ribuan. Jangan lupa cek kondisi dan kerenggangan busi NGK CR7HSA ini yang ideal nya 0,6-0,7 mm dan diganti setiap kelipatan 12.000 km atau 12 bulan. Untuk oli wajib diganti tiap 3.000 km, ada dua pilihan oli, KGO STD dan KGO Ultimate. Filter olinya ganti tiap 3 kali ganti oli mesin.

“Kapasitas oli yang dibutuhkan tanpa penggantian filter oli adalah 1,2 liter, namun jika dilakukan dengan penggantian filter oli maka butuh 1,3 liter. Karena oli yang tersedia hanya 1 liter per botol maka konsumen harus membeli 2 botol. Sisanya bawa pulang, lumayan buat servis berikutnya,” tutur pria yang berkantor di Jl. Alternatif Cibubur ini.


Ada dua pilihan oli, silahkan pilih sesuai kantong.
Kalau stok kosong, filter oli bisa comot kepunyaan Ninja RR Mono. Sama persis!
Filter udara jangan sampai getas, kalau rontok bisa masuk ke karburator. Agar awet, setelah dibersihkan beri sedikit oli.

TREATMENT PASCAADVENTURE
Salah satu treatment khusus untuk trail ini adalah servis Uni-Trak atau link pada suspensi monoshok, terlebih setelah main tanah. Gejala awal bila tidak rajin merawat Uni-Trak adalah timbul bunyi menggangu saat lengan ayun bergerak.

“Dampak paling buruk, boshing serta sleeve yang ada di Uni-Trak bisa kaku, berkarat bahkan sampai pecah. Kalau itu terjadi biaya part yang harus ditebus kurang lebih Rp 700 ribuan di luar ongkos kerja,” tegas Bang Jo sapaan akrabnya.

Selain itu, harus diperhatikan setelah adventure adalah kampas kopling, umumnya cepat habis karena sering selip kopling. “Saat melakukan penggantian kampas kopling disarankan untuk mengganti juga kabel kopling,” tutupnya. (otomotifnet/surya)

List Pemeriksaan Servis Berkala 
Periksa tekanan udara 
Periksa sistem control throttle 
Periksa suspensi 
Periksa arah sorot lampu depan 
Periksa kekencangan mur, baut dan pengencang 
Periksa fungsi kerja kopling 
Periksa kerusakan bearing roda 
Periksa jari-jari roda dan ban 
Periksa keausan chain guide dan rantai roda 
Periksa fungsi kerja rem 
Periksa switch lampu rem 
Periksa batas ketinggian minyak rem 
Periksa keausan kanvas rem dan pad rem 
Periksa fungsi kerja sistem kelistrikan 
Lumasi sistem suspensi 
Ganti oli mesin dan oil filter 
Periksa kondisi busi 
Bersihkan sistem bahan bakar 
Periksa putaran stationer mesin 
Periksa gerakan kemudi 

Daftar Harga 
Service ringan Rp 80.000 
Service unitrack Rp 100.000 
Jasa ganti kampas kopling Rp 80.000 
Kampas rem depan Rp 78.000 
Kampas rem belakang Rp 129.000 
Kampas kopling 13088-0040 Rp 59.000 
Kampas kopling 13088-0041 Rp 59.000 
Kampas kopling 13088-1077 Rp 72.000 
Seal shock depan Rp 36.000 
Kabel kopling Rp 30.000 
Filter udara Rp 52.000 
Filter oli Rp 13.000 
Oli KGO STD Rp 45.000 
Oli KGO Ultimate Rp 80.000 
Kawasaki Motorave Cibubur : 021-82486777

«
Next

Posting Lebih Baru

»
Previous

Posting Lama

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

Tidak ada komentar :

Leave a Reply